Monday, August 1, 2011

Gubug Udang Situ Cibubur

Jakarta Timur - Ada sesuatu yang berbeda ketika keluar dari Tol Jagorawi melalui Pintu Gerbang Tol Cibubur sejak Mei 2011. Tepat sebelum Mc. Donald/SPBU Cibubur, ada jalan masuk menuju Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur. Di depan jalan masuk ke Bumi Perkemahan ini, terpasang sebuah spanduk serta beberapa umbul-umbul dengan tulisan yang cukup membuat penasaran, yaitu "Gubug Udang". Akibat setiap kali melalui tempat ini, selalu dihadang kemacetan, sehingga sampai saat ini penulis masih belum sempat singgah ke tempat ini.

Penasaran dengan adanya lokasi kuliner baru ini, maka penulis mencoba mencari informasi mengenai lokasi ini. Dari beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan oleh penulis, diketahui bahwa Gubug udang ini menyajikan menu masakan khas dari Bumi Parahyangan (Jawa Barat) dengan menu andalan adalah Udang Bakar Madu.

Di Gubug Udang Situ Cibubur, meja makan dibangun dalam bentuk gubuk. Terdapat 19 gubuk, dengan setiap gubuk memiliki kapasitas yang tidak sama. Ada yang dapat memuat 10 orang, ada juga yang dapat memuat hingga 40 orang dalam satu gubuk. Selain gubuk, rumah makan ini juga menyediakan beberapa ruangan makan konvensional, yang dilengkapi dengan kursi dan mejanya. Tiap ruang memiliki kapasitas yang berbeda. Secara total, Gubug Udang Situ Cibubur yang berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter persegi dengan view sebagian besar gubuk menghadap ke danau. Di depan gubuk juga disediakan teras kecil yang terbuat dari bambu untuk menikmati pemandangan danau serta ikan-ikan yang ada di dalam kolam.

Menu favorit pengunjung dan merupakan sajian unggulan Gubug Udang ini adalah Udang bakar madu, yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Menu ini hampir sama dengan menu yang disajikan di Udang Madu Mang Engking.

Untuk mengolahnya, udang yang telah dibumbui dibakar dan dilumuri madu. Satu tusuk berisi empat ekor udang. Sesuai dengan bumbunya yang dibalut madu, cita rasa menu ini pasti sudah bisa ditebak. Namun, untuk memperkaya rasa, menu ini lazim disandingkan dengan sambal terasi. Rasanya lezat dan mantap.

Selain udang bakar madu, Gubug Udang juga punya beragam olahan gurame. Salah satunya gurame cobek. Sesuai dengan namanya, rasa gurame cobek sangat pedas dan cocok untuk Anda yang memang suka masakan pedas. Kepiting saus padang, cumi saus tiram, dan ikan kerapu adalah menu seafood lain yang dapat dicoba di sini. Mudah-mudahan suatu saat nanti penulis akan mencoba lokasi kuliner di tempat ini, sehingga dapat menceritakan bagaimana rasa dari menu-menu yang disajikan di tempat ini kepada para Pembaca sekalian. Atau mungkin ada Pembaca yang sudah pernah merasakan menu di Gubug Udang ini, dapat share pengalamannya di sini.

Alamat:
Gubug Udang Situ Cibubur
Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur
Jakarta Timur
(Jambore, samping SPBU Cibubur/Mc. Donald)
Telp. +62 021-84304873, 84304874, 95291341

Artikel Terkait:
Liputan Kunjungan Penulis ke Gubug Udang

4 comments:

  1. Aduhhhh Laperr euy...

    Terimakasih atas infonya mas

    Keren...

    ooiiyyaaa mas... boleh disertakan harganya juga ga??

    ReplyDelete
  2. Saya sudah mencoba beberapa menu di gubug udang, tempatnya memang bagus sekali untuk bersantai (walaupun awalnya agak sedikit gatal karena banyak semut), menu yang saya coba adalah :
    - udang bakar madu (enak sekali! sampai nambah satu porsi lagi untuk dibungkus)
    - gurame bakar kecap (ini juga enak walaupun tidak se spektakuler udang bakar madu)
    - karedok pedas (hati2 karena pedas sekali bahkan untuk ukuran yg menyukai pedas)
    - kelapa butir
    - ice capuccino (tadinya ga ada tapi bisa dibikinin)
    - es teh manis

    Secara keseluruhan tempatnya memang bagus dan menu nya enak2, tapi seperti halnya restoran yang bergubug2 agak susah untuk memanggil pelayan menggunakan kentongan, harus menunggu pas mereka lewat (sama halnya seperti sapu lidi dan kampung daun)

    ReplyDelete
  3. halo teman2 pencinta kuliner, saya mau info ada tempat makan baru cibubur, namanya One Suki, lokasi tepatnya di Jl. raya alternatif cibubur no 58,(Seberang ayam goreng suharti cibubur), harga yang ditawarkan sangat ekonomis dan tentunya dengan rasa yang sangat nyam nyam….. untuk info lebih jelas bisa menghubungi 021-51105838

    ReplyDelete