Wednesday, August 31, 2011

Kue Mochi, Oleh-oleh dari Semarang

SEMARANG merupakan kota yang memiliki banyak jenis kuliner khas ddengan cita rasa yang lezat. Selain kuliner yang disantap di lokasi kuliner tersebut dijual, Semarang juga memilik berbagai jenis kuliner yang dapat dibawa pulang dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebut saja bandeng presto, lumpia Semarang, enting-enting gepuk, kue mochi dan masih banyak jenis kuliner lainnya.

Kue mochi (disebut juga moaci) sebenarnya merupakan kuliner masyarakat Tionghoa, yang telah diadaptasi dengan selera masyarakat Jawa Tengah. Kue mochi terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang tanah yang dihaluskan yang dibentuk bulat seperti onde-onde dan pada permukaannya dilumuri dengan biji wijen atau tepung maizena. Sebenarnya di daerah Jawa Barat, seperti di Bandung dan Sukabumi juga dapat kita temukan kue mochi, namun justru yang lebih dikenal adalah kue mochi dari Semarang, karena kue mochi Semarang ada isinya (isi kacang tanah ditumbuk) serta bentuknya lebih besar dibandingkan dengan Kue Mochi di daerah Jawa Barat.

Saat ini ada berbagai jenis merk kue mochi khas Semarang. Di antara sekian banyak merk kue mochi, ada 1 merk kue mochi yang menurut penulis adalah kue mochi Semarang yang paling enak. Namanya adalah kue mochi Gemini. Kue mochi Gemini ini terasa lebih enak dan adonannya tidak terlalu keras. Kebanyakan kue mochi terasa kenyal dan keras saat digigit, sedangkan kue mochi Gemini terasa lebih lunak dan lembut. Hal ini karena untuk adonan kulit kue mochi Gemini ini dibuat dari tepung beras ketan.

Kue mochi Gemini saat ini telah dibuat pula dalam beberapa varian rasa, yaitu rasa talas, rasa strawberry, rasa durian, rasa coklat, rasa pandan, selain rasa originalnya, yaitu isi kacang tanah yang ditumbuk halus.

Lokasi tempat penjualan kue mochi ini adalah di Jalan Kentangan Barat 101 Semarang, telepon +62 024 3519503, 3519475.
Selain itu, Kue Mochi Gemini juga memiliki cabang di Jalan KH Wahid Hasyim 180 Semarang. Telepon +62 024 3584579.

Bagi para Pembaca yang tinggal di Jakarta, saat ini Kue Mochi Gemini juga membuka cabang di Kelapa Gading dengan nomor telepon +62 021 4500366, 91737277, 70075558.

13 comments:

  1. wah kue mochi yah, kesukaan saya tuh


    kunjungan balik ke blog saya ==> http://7mana.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. baru aja makan kueh moaci gemini enak lembut terus dalemnya ada kacangnya hmmmmmm

    ReplyDelete
  3. Lezatnya kue Mochi khas semarang ini.

    ReplyDelete
  4. Buat teman minum teh , nikmat nih....thx infonya...

    ReplyDelete
  5. Halal ndak ya?mohon infonya...makasih

    ReplyDelete
  6. Pada saat penulis membeli ini, penulis tidak menemukan logo sertifikasi halal dari MUI. Namun penulis tidak tahu apakah saat ini Moaci Gemini telah mendaftarkan untuk sertifikasi halal atau belum.
    Namun jika ditinjau dari bahan-bahan pembuatan moaci yang berupa tepung ketan, dengan isian dari kacang tanah dan gula karamel serta bagian kulit luarnya ditaburi dengan biji wijen dan tepung maizena, seharusnya adalah merupakan bahan-bahan yang halal. Namun penulis tidak mengetahui proses pembuatannya. Mungkin ada di antara Pembaca yang dapat menginformasikan mengenai kehalalan produk ini?

    ReplyDelete