Tuesday, May 31, 2011

Berburu Pempek Enak Di Palembang: Pempek Saga

PALEMBANG - Apabila kita mendengar nama kota Palembang di sebut, maka yang terbayang dalam ingatan kita adalah makanan khas Palembang yaitu Pempek. Padahal sebenarnya masih banyak makanan khas dari kota Palembang ini, seperti pindang ikan atau pindang tulang, Mie Celor, Martabak Har, maksuba dan kue delapan jam, model, tekwan, serta masih banyak kuliner lainnya. Bagi Anda yang berkunjung ke Palembang, tentunya tidak akan lengkap apabila belum menikmati Pempek.

Penjual pempek dapat kita temukan hampir di setiap sudut Kota Palembang. Hampir setiap rumah makan, apapun jenis rumah makannya, selalu ada menu pempek. Oleh sebab itu, bagi pendatang baru di Palembang, tentunya sulit untuk menentukan lokasi Pempek mana yang layak untuk dikunjungi. Penulis yang pernah tinggal beberapa saat di Palembang, pernah mencoba beberapa lokasi rumah makan pempek yang kabarnya cukup terkenal. Dari sekian banyak lokasi rumah makan pempek, Pempek Saga "Sudi Mampir" merupakan salah satu rumah makan yang menghidangkan pempek dengan rasa yang terbaik menurut penulis.

Pempek yang disajikan di rumah makan Pempek Saga "Sudi Mampir" ini terbilang cukup enak. Pempeknya gurih dan tidak amis. Cuka pempeknya (di Palembang disebut "cuko") yang khas dan enak.

Rumah makan yang terletak di Jl. Merdeka No. 8, 22 Ilir, tepat berada di depan Kantor Walikota Palembang, cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung. Suasana makan di tempat ini cukup bagus pada malam hari, sambil menikmati pempek, kita dapat melihat gedung walikota dengan lampu hias yang cukup megah.

Mengenai harga, memang Pempek Saga ini terbilang paling mahal jika dibandingkan dengan penjual pempek lainnya. Satu potong pempek harganya Rp 4.000. Jika di tempat lain mungkin kita bisa membeli pempek dengan harga sepotongnya antara Rp 1.500 s.d. Rp 3.000.

Selain menyediakan pempek, di tempat ini juga disediakan menu Model, Tekwan, Celimpungan, otak-otak. Minuman yang disediakan di sini adalah es kacang merah (es ini juga sangat terkenal sebagai minuman khas Palembang), es teh manis, serta aneka jus buah.

Alamat Rumah Makan Pempek Saga "Sudi Mampir" :
Jl. Merdeka No. 8 22 Ilir depan Walikota Palembang
Telp. +62 0711 706 9384 atau +62 0711 314417

Cabang:
Jl. Kapt. Cek Syeh No 191/192
Simpang Tiga Kebon Duku 18 Ilir Palembang
Telp. 0711 379 021

5 comments:

  1. jadi laper................

    mampir bos k blog gw...

    Kumpulan Tutorial, Trik, Dan Tips:

    http://brankas-tutorial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Mengetahui Empek2 yg bnar2 asli khas palembang gmana ya?


    Kumpulan berbagai macam informasi...

    http://brankas-everything.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Permisi, pempeknya saya copy ya, makasih.

    ReplyDelete