Monday, September 28, 2009

Kwetiau Bagan

BANDENGAN SELATAN - JAKARTA UTARA
Rumah Makan ini terletak di Jalan Bandengan Selatan No. 16, Jakarta Utara, Telepon: 021-6916632. Menu yang cukup terkenal dari dari rumah makan ini adalah kwetiau Bagan. Dinamakan ”Kwetiau Bagan” karena pemilik yang sekaligus sebagai koki dari rumah makan ini adalah berasal dari Bagan Siapi-api, daerah yang pada masa lalu sangat terkenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia yang terletak di sisi pantai timur laut Riau.
Kwetiau Bagan ini adalah masakan yang berbahan dasar kwetiau yang digoreng dengan cabe merah dihaluskan (sambal) yang menyebabkan kwetiau ini berwarna merah, udang, telur, taoge dan jerohan babi (hati babi) sehingga hasilnya kwetiau ini berwarna merah. Bagi yang menyukai masakan pedas, menu kwetiau Bagan ini sangat cocok.
Selain menu kwetiau Bagan, masih ada lagi menu mie goreng yang rasanya cukup manis karena dimasak dengan kecap, telur, udang, taoge, daging babi dan jerohan babi yaitu hati babi. Harga per porsi untuk kwetiau Bagan dan Mie Goreng ini adalah sebesar Rp 15.000.
Di samping kedua menu tersebut, masih ada menu lainnya seperti bihun goreng, mie kuah, nasi goreng. Selain itu juga tersedia berbagai macam minuman dan salah satu minuman yang layak untuk dicoba yaitu Liang Teh, yang konon merupakan minuman penurun panas dalam.
Menurut penilaian Penulis yang telah beberapa kali makan di tempat ini, menu yang disajikan di rumah makan ini layak untuk dicoba. Cuma bagi para pemburu kuliner yang akan mencoba masakan di rumah makan ini agar diingat janganlah membeli cakwee dan membawa masuk ke rumah makan ini (yang kebetulan penjual cakwee berada di depan rumah makan ini). Entah mengapa di dinding rumah makan ini tertempel tulisan "Dilarang Membawa Cakwee".

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete