Friday, May 10, 2013

Sensasi Makan di Soto Gebraak

Setiabudi - Jakarta Selatan - Tentunya para Pembaca sudah tidak asing lagi dengan nama Rumah Makan Soto Gebraak. Mungkin sebagian sudah pernah mengunjungi rumah makan ini untuk menikmati kelezatan sotonya. Namun disarankan bagi Pembaca yang memiliki sakit jantung untuk menghindari tempat ini. Hal ini disebabkan karena adanya satu keunikan yang dilakukan oleh para koki yang sedang menyiapkan hidangan, yaitu sesekali mereka akan menggebrak meja tempat menyiapkan hidangan ketika sambil menyiapkan makanan tersebut. Dan hal ini akan membuat kaget seluruh pengunjung yang sedang menikmati makanan.
Namun Anda jangan marah apabila terkejut karena gebrakan para
penyaji hidangan di rumah makan ini, karena di dinding rumah makan ini tertempel tulisan “Soto Gebraak, Senyum Boleh Marah Jangan”.

Menu utama yang tersedia di rumah makan ini adalah soto dengan aneka menu soto daging, soto ayam, soto campur jeroan dan soto combi daging ayam. Selain itu, juga tersedia menu nasi rawon.

Penulis bersama beberapa rekan mencoba menikmati hidangan soto gebrak ini yang berlokasi di Jl. Taman Setia Budi 1 Raya, Jakarta Selatan (Depan SMA 3) telepon +6221 525 1975. Beruntung ketika kami masuk ke rumah makan ini, masih tersedia 1 meja kosong yang terletak tepat di depan meja tempat para pelayan yang sedang menyiapkan hidangan. Tidak lama setelah kami duduk, ternyata pengunjung rumah makan ini semakin ramai, hingga banyak yang bersedia berdiri menunggu meja yang kosong. Memang kebetulan saat itu adalah waktunya makan siang.


Kamipun segera memesan makanan dan minuman. Penulis mencoba soto daging dan ditemani dengan segelas es teh manis. Sekitar 10 menit, hidangan kami telah datang dan kami segera menyantap soto daging. Semangkuk soto daging yang dibandrol dengan harga Rp 16.000 ini terasa cukup lezat. Namun penulis masih perlu menambahkan sedikit kecap manis dan kecap asin supaya terasa pas manis dan asinnya. Semangkuk soto daging yang terdiri dari potongan daging sapi, irisan sayur kol (kubis), daun bawang dan daun seledri serta taburan bawang goreng terasa sangat nikmat dinikmati dengan sepiring nasi putih seharga Rp 4.000. Tanpa terasa, sepiring nasi putih telah habis namun soto dimangkuk masih tersisa setengahnya sehingga penulispun segera memesan sepiring nasi putih lagi.

Selain itu masih ada beberapa lauk yang dapat dijadikan lauk tambahan dalam menikmati soto ini yaitu, perkedel kentang, empal daging, sate usus, telur asin, emping dan kerupuk.

Rumah Makan Soto Gebraak milik H.M. Anton Kaswi atau yang biasa dipanggil sebagai “Cak Anton ini selain dibuka di daerah Setiabudi ini, juga memiliki beberapa cabang yaitu:

Cabang I: Jl. Tebet Utara I No. 54C Jakarta Selatan telp. 83795494
Cabang II: Jl. Margonda Raya No. 520C Depok, HP: 0812 8147034
Cabang III: Ruko Versailies Blok FB.03 Sektor I.6 BSD, Tangerang HP 0813 8067 3099
Cabang IV: Jl. Alternatif Cibubur-Cileungsi KM 2 (samping RS Melia) telp. 021 68986036
Cabang V: Komplek Pergudangan Cibitung KM 22 Jl. Inspektur Kalimalang (sebelah Warung Jati), Kec. Tambun Selatan, Bekasi – Jabar telp 88330055

Menurut penilaian penulis, hidangan soto gebraak ini cukup lezat dan patut untuk diberikan nilai skor 78 dan setara dengan Soto Jakarta Pak Haji Yus walau memiliki kelebihan yaitu dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Soto Pak Haji Yus. Kuliner yang satu ini direkomendasikan untuk dicoba.

3 comments:

  1. Makan disini bikin jantungan :-(

    ReplyDelete
  2. Hai Blogger, tulisan blog kulinernya informatif sekali:) Ikutan yuk di lomba blog 'Jelajah Kuliner Unik Nusantara' #KulinerDaihatsu
    Hadiahnya menarik lho! perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu.
    Mau ikutan? Baca syarat dan ketentuannya di sini http://bit.ly/jelajahkuliner

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete