Tuesday, July 17, 2012

Soto Jakarta Pak Haji Yus Yang Lezat

Jakarta Pusat – Makan siang di mana Anda hari ini? Mungkin Anda sudah bosan dengan sajian makanan fast food yang selalu disantap setiap hari dan saat ini ingin menikmati kuliner khas daerah. Sehubungan dengan baru saja perayaan hari ulang tahun Kota Jakarta, berikut adalah ulasan mengenai salah satu kuliner khas Jakarta yaitu Soto Betawi atau Soto Jakarta yang mungkin dapat menjadi alternatif para Pembaca Berburu Kuliner untuk menemukan ide kuliner hari ini. Salah satu keunikan dan yang membedakan antara Soto Jakarta dengan soto di daerah lainnya, adalah soto Jakarta dimasak dengan campuran susu. Sehingga membuat kuah soto Jakarta ini berwarna putih susu.

Saat ini dengan mudahnya kita menemukan rumah makan atau restoran yang menyajikan menu soto Jakarta. Baik itu sebagai menu utama maupun menu tambahan di rumah makan yang bersangkutan. Walau demikian sangat sulit bagi penulis untuk dapat menjumpai rumah makan yang menyajikan soto Jakarta yang lezat dan enak. Hingga saat ini baru beberapa lokasi kuliner Soto Jakarta yang ditemui oleh penulis yang menyajikan soto Jakarta yang lezat, salah satunya adalah Soto Jakarta “Pak H. Yus” yang baru ditemui penulis kemarin siang.

Rumah Makan Soto Jakarta “Pak H. Yus” ini berlokasi di Jalan Cut Nyak Dien, Jakarta Pusat. Lokasi rumah makan ini terletak tepat di bawah jembatan yang di atasnya adalah rel kereta api. Jadi ketika kita sedang menikmati Soto Jakarta di tempat ini, sering kita akan mendengar suara bising kereta api yang lewat di atas kita. Walaupun berada di di bawah kolong jembatan, namun lokasi rumah makan ini tidaklah kumuh. Tempatnya tertata dengan rapi juga ada lokasi parkir yang cukup luas dan nyaman. Meja-meja makan juga tertata cukup rapi dan bersih. Kabarnya dulu Rumah Makan Soto Jakarta Pak H. Yus ini terletak di Jl. Teuku Umar yang letaknya tidak jauh dari lokasi saat ini, sehingga orang mungkin lebih mengenal Rumah Makan ini dengan sebutan Soto Jakarta Teuku Umar. Soto Jakarta Pak H. Yus ini telah berdiri sejak tahun 1973. Pada saat ini Pak H. Yus sebagai pendiri rumah makan ini masih sering datang ke lokasi kuliner ini untuk mensupervisi para anak buahnya dalam mengolah dan menyajikan Soto Jakarta ini. Kebetulan pada saat penulis mengunjungi Rumah Makan ini, Pak H.M. Y. Yus Moeloes (atau dipanggil Pak H. Yus, pemilik rumah makan ini) tampak sedang duduk mengawasi kokinya yang sedang mengolah hidangan Soto Jakarta.

Soto Jakarta Pak H. Yus ini memiliki berbagai aneka pilihan isinya, antara lain: daging sapi, kikil, tulang muda, daging kepala, lidah, paru iso, babat, ginjal dan jantung. Untuk menghindari kolesterol tinggi, maka penulis mencoba memesan soto dengan isi daging sapi.

Penulis menilai rasa soto Jakarta Pak H. Yus ini cukup lezat. Kuahnya dengan campuran bumbu dan susu yang cukup seimbang sehingga membuat rasanya sangat pas dan nikmat. Daging sapinya adalah daging merah tanpa ada campuran bagian lemak atau urat sehingga cukup puas menikmatinya. Yang terutama adalah kuah sotonya, campuran bumbu sangat pas sehingga rasanya benar-benar mantap.

Dari sisi harga, memang Soto Jakarta Pak H. Yus ini cukup mahal. Seporsi Soto Daging dihargai sebesar Rp 32.000. Walaupun harganya yang cukup mahal, namun menurut penulis hal ini sebanding dengan rasa yang diberikan oleh Soto Jakarta Pak H. Yus ini.

Alamat:
Soto Jakarta “Pak H. Yus”
Jl. Cut Nyak Dien, Jakarta Pusat
Telepon: +62 021-96980278
Jam buka: 08.30 s.d. 16.00 WIB

Penilaian:
Rasa dan kelezatan: cukup lezat
Harga: cukup mahal

Update tanggal 29 Juli 2015
Saat ini Soto Jakarta Pak H. Yus ini sudah pindah ke alamat baru di Jl. Minangkabau No. 40, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (daerah Manggarai). karena lokasi lamanya telah digusur oleh PT KAI. Menampati lokasi yang lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya dan tempat yang lebih nyaman dan bersih. Tempat parkirnya di belakang rumah makan ini juga cukup luas. Penulis kembali menikmati kuliner Soto Jakarta dengan isi daging dicampur dengan kikil, dan kelezatannya tetap seperti waktu pertama kali penulis mencicipinya.

Alamat baru:
Soto Jakarta “Pak H. Yus”
Jl. Minangkabau No. 40, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan - 12970
Telepon: +62 021-8294474 atau +62 878 78353297

5 comments:

  1. Katanya , Nimat....ya. aq, ingin coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nimat banget ingin mecoba datang aj di jalan menteng bawah kolong Kreta KRL

      Delete
    2. Soto Pak H Yus sekarang bertempat di JL.Minang kabau no:40 pasar rumput magarai depan pom bensin pasar rumput.Silahkan datang dan kunjungi soto berkuah susu pak H Yus yang gurih and nikmat

      Delete
    3. soto Jakarta Pak H Yus sekarang buka cabang di daerah menteng JL. Sam Ratulangi menteng godangdia depan sekolah Jerman.terimakasih

      Delete