Wednesday, April 3, 2013

Gurihnya Singkong Keju dari Salatiga

SALATIGA - Beberapa hari yang lalu, penulis mendapatkan oleh-oleh dari tante penulis yang tinggal di Ungaran. Oleh-oleh kali ini merupakan kuliner yang cukup unik dan belum pernah penulis jumpai sebelumnya. Awalnya penulis menganggap bahwa kuliner ini sebagai kuliner yang biasa saja, yaitu singkong (ketela pohon). Namun jika dilihat dari kemasannya, kuliner singkong ini tampilannya cukup mewah. Karena dibungkus dengan kemasan plastik yang cukup rapih dan higienis.

Dari nama yang tertera dikemasan tersebut, namanya adalah singkong keju. Dengan merek dagang Singkong Keju D-9, diproduksi di Salatiga, Jawa Tengah. Dari petunjuk cara pengolahan kuliner ini, disebutkan bahwa singkong keju ini dapat dihidangkan dengan cara dikukus, digoreng atau dioven. Jadi ternyata kuliner ini masih mentah dan harus diolah dahulu sebelum dapat disantap.


Penulis mencoba menyajikan singkong keju ini dengan cara dikukus. Setelah dikukus sekitar 5 menit, maka Singkong Keju ini sudah siap dinikmati. Penulis langsung mencoba mencicipi singkong keju ini selagi panas. Rupanya singkong keju ini terasa cukup nikmat dan gurih. Tanpa terasa beberapa potong singkong keju ini telah habis disantap. Walaupun hanya berupa singkong yang dikukus, tapi rasanya cukup lezat, ada rasa asin, manis dan aroma kejunya. Penulis merekomendasikan bahwa kuliner singkong keju ini layak untuk dicoba.

Menurut tante penulis, singkong keju ini dia peroleh di Perumahan Sebantengan, Ungaran dan untuk memperolehnya, harus pesan terlebih dahulu. Harga sebungkus singkong keju ini dijual seharga Rp 8.500.

Penasaran dengan kuliner yang satu ini, penulis mencoba mencari informasinya di internet, dan diperoleh di salah satu blog yang tertera alamat produsen singkong ini adalah Jl. Argowiyoto 8A, Ngalik, ABC, Salatiga. Nomor telepon +62 0298 327560 dan 0857 40014832.

Penilaian: Kuliner ini sederhana (mencerminkan makanan rakyat Indonesia) namun cukup higienis dan kelezatannya mendapatkan nilai 80.

5 comments:

  1. Terimakasiiih banyak suka dengan produk kami ...
    We really apreciate..


    Salam ,
    Singkong Keju D-9

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon info
      outlet D9 di daerah Ungaran dmn ya ???

      Delete
  2. Mbak diah kalo mau ngagen bisakah
    .... udah nyoba uenak....

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete