Monday, May 28, 2012

Manisan Jambu dari Medan

Medan - Jambu Biji atau sering disebut sebagai jambu klutuk yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Guava (bahasa Latin: Psidium guajava) mungkin merupakan buah yang sangat mudah kita temukan. Buah yang didominasi dengan biji kecil-kecil ini sangat kaya akan vitamin C. Bahkan Buah Jambu Biji yang bijinya berwarna merah konon sangat berkhasiat untuk menaikkan trombosit bagi orang yang menderita sakit demam berdarah.

Jambu Biji sebenarnya adalah jenis buah yang sudah sangat mudah kita temukan di seluruh tempat di Indonesia. Biasanya yang lebih sering kita temukan adalah Jambu Bangkok yang ukuran buahnya lebih besar dibandingkan dengan jambu biji lokal. Namun apakah Pembaca pernah mendengar atau pun membayangkan apabila ada sebuah lokasi kuliner di Medan, Sumatera Utara yang menjadikan buah jambu biji ini sebagai kuliner yang enak dan saat ini banyak wisatawan yang menjadikan kuliner jambu ini sebagai oleh-oleh. Lokasi kuliner ini adalah Manisan Jambu Aguan (foto lokasi kuliner ini diperoleh dari rekan penulis, penulis minta ijin kepada yang bersangkutan yang fotonya terpaksa dimunculkan di sini).

Lokasi kuliner Manisan Jambu Aguan ini terletak di Jl. Kruing No. 2G Medan. Lokasinya terletak tepat di sebelah Bolu Meranti. Manisan Jambu Aguan ini juga menerima pemesanan melalui telepon +62 0813 61181920.

Sebenarnya dahulunya Manisan Jambu Aguan hanya dijual di Jalan Mojopahit, Medan. Namun saat ini juga sudah dibuka sebuah cabang di Jl. Kruing ini.

Awalnya penulis pernah dibawa oleh-oleh seorang kawan yang datang dari Medan. Namun oleh-oleh yang dibawa bukan oleh-oleh khas dari Medan, melainkan manisan jambu biji. Waktu itu penulis sempat berpikir, apa sih istimewanya manisan jambu biji. Apalagi penulis sudah bosan dengan buah jambu biji ini, karena dulu penulis memiliki pohon buah jambu biji yang berbuah lebat sepanjang tahun.

Setelah penulis mencicipi manisan jambu biji ini, ternyata memang istimewa. Manisan Jambu biji ini terasa renyah, segar dan manis. Walaupun penulis sudah bosan jika memakan buah jambu biji, namun tidak demikian halnya saat memakan manisan jambu biji ini. Rasanya tidak cukup hanya memakan sepotong saja.

Jambu biji yang dijadikan manisan ini telah dipotong menjadi 4 bagian memanjang dan biji-bijinya telah dibuang. Jambu biji yang dijadikan sebagai manisan adalah jambu bangkok yang bentuknya besar-besar. Manisan Jambu Aguan ini dijual dengan harga Rp 15.000 per kilogramnya.

Penulis merekomendasikan kepada para Pembaca yang berkunjung Medan tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini.

9 comments:

  1. Bisa di coba nieh kalo kapan2 saya ke Medan.hehehe...

    ReplyDelete
  2. Wah pengen nih manisan Jambu,,, tapi jauh euy di Medan :O

    ReplyDelete
  3. Penerjemah Bahasa Mandarin said: wah masuk daftar hunting kuliner ane nih sob...salam sukses selalu.thanks

    ReplyDelete
  4. hmmmmm belum selesai baca udah ngeces duluan

    ReplyDelete
  5. hmmm enk tuh manisan ny....saya sering makan ny.sekedar pemberitahuan juga untuk semua kalau manisan jambu ny sudah pindah di depan ny.tidak di 2G lg..tapi pindah di 3D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Wenny, untuk sharing infonya...

      Delete
  6. sama2....pindahny di depanny z koq..krna skrg yg di 2G jg jual mnsn jg...jgn salah tpt y all...thanks

    ReplyDelete
  7. Hello all sekedar info ya.manisan jambu aguan skrg pndh tpt lg ya.gk di 3D lg,pndhny di dpn 2G..sory pndh2 tpt mulu soalny sewa lokasi..thanks all

    ReplyDelete
  8. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete