Friday, May 6, 2011

Berburu Bakmi Enak di Palembang

Palembang - Umumnya setiap orang yang datang ke Palembang, pastilah akan selalu mencari pempek. Dan memang di setiap sudut kota Palembang pastilah ada penjual pempek, baik itu berupa pedagang kaki lima, warung kecil hingga rumah makan besar. Sehingga Palembang ini identik dengan sebutan kota Pempek. Walaupun dimana-mana kita melihat hanya ada penjual pempek, bukan berarti di Palembang tidak ada jenis kuliner lainnya.
Sebenarnya jika kita mencoba untuk mencari dan berburu kuliner di Palembang, sangat banyak jenis kuliner di kota ini. Sehingga Pemerintah Kota Palembang saat ini tengah gencar mengkampanyekan wisata kuliner di kota Palembang selain wisata airnya.

Salah satu kuliner di kota Palembang yang dapat kita cari adalah Bakmi. Ada beberapa lokasi kuliner Bakmi yang layak untuk dicoba. Di antara lokasi penjual Bakmi di Kota Palembang, yang cukup terkenal adalah Bakmi di daerah Dempo. Di daerah ini ada 2 lokasi kuliner Bakmi yang cukup terkenal, yaitu Bakmi Halleluya dan Bakmi Alloy.

Penulis mencoba berburu kuliner ke Rumah Makan Bakmi Halleluya.

Rumah Makan Bakmi Halleluya terletak di Jalan Dempo Luar No. 916, Palembang. Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah +62 0711 4268105. Untuk mencapai tempat ini, dari jalan Jend. Sudirman (arah ke Jembatan Ampera) ambil Jalan Kol. Atmo kemudian belok kiri di Jl. Dempo Luar. Rumah makan Halleluya terletak di sisi kiri jalan.
Kesan pertama ketika melihat penampilan bakmi ini, penulis kurang yakin apabila Bakmi Palembang ini rasanya sebanding dengan Bakmi yang biasa penulis santap di Jakarta, Medan, atau Pontianak. Karena penampilan dari Bakmi ini yang terlihat warnanya pucat (tidak kecoklatan seperti Bakmi pada umumnya). Namun setelah disantap, ternyata rasa Bakmi Halleluya ini tidak kalah dengan Bakmi Jakarta, Medan atau Pontianak. Keunikan dari Bakmi Halleluya adalah mie-nya yang sangat kenyal.

Di sini penulis mencoba Bakmi Pangsit (seperti tampak pada gambar di atas). Satu porsi bakmi pangsit dibandrol dengan harga Rp 14.000. Penulis juga memesan pangsit goreng yang dihargai Rp 2.000 per potong. Menurut penulis, cita rasa Bakmi Palembang ini hampir sebanding dengan beberapa jenis Bakmi enak yang pernah penulis nikmati di Jakarta, Medan dan Pontianak. Kelebihan dari Bakmi Palembang ini terletak pada mie-nya yang kenyal. Secara keseluruhan penulis memberi nilai 75 untuk Bakmi Pangsit Halleluya, Palembang.

Selain bakmi pangsit, tersedia juga bakmi dengan jerohan. Bakmi di rumah makan Halleluya ini mengandung babi, sehingga tidak cocok bagi Pembaca sekalian yang beragama Islam.

1 comment:

  1. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete