Saturday, May 21, 2011

Aneka Kuliner Daerah di Jakarta Fashion and Food Festival

JAKARTA - Saat ini hingga tanggal 29 Mei 2011 di Mall Kelapa Gading tengah digelar acara yang diberi nama Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF). Sebanarnya acara ini telah dibuka sejak mingggu lalu tanggal 14 Mei 2011. Acara ini diselenggarakan oleh PT Summarecon Agung Tbk sebagai pemilik Mall Kelapa Gading dan mendapat dukungan pula dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, khususnya melalui Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Sesuai dengan namanya dalam festival ini menampilkan aneka produk fashion dan kuliner yang diikuti oleh sekitar 90 desainer ternama dan sekolah mode di Jakarta dan 50 pedagang makanan khas Indonesia dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berasal dari wilayah Jabodetabek memamerkan makanan andalan mereka.

Khusus untuk food festival, program ini sebenarnya telah rutin diselenggarakan setiap tahunnya yang dikenal dengan Kampoeng Tempo Doeloe (KTD). Dalam ajang festival ini yang diiluti 50 pedagang makanan khas Indonesia, dapat dimanfaatkan oleh para pecinta kuliner untuk berburu aneka jenis kuliner yang layak untuk dicoba tanpa perlu bersusah payah mendatangi lokasi usaha kuliner yang sebenarnya satu persatu.

Festival yang telah di selenggarakan 8 kali ini diselenggarakan di kawasan La Piazza, Mal Kelapa Gading dengan konsep bangunan yang bertema klasik tempo dulu membuat festival kuliner ini menarik banyak pengunjung.

Beberapa menu yang disajikan di JFFF 2011 ini adalah Gudeg Pejompongan, Empal Gentong Putra Mang Darma, Ketupat Sayur Rusmini, Nasi Padang Ulanago, Soto Betawi Babeh, Soto Udang Medan Akwang dan Kue Putu Bambu Medan.

Harga makanan yang dijual pun relatif murah. Harga makanan yang ditawarkan sekitar Rp 3000 hingga yang termahal sekitar Rp 25.000 per porsi.

Salah satu peserta festival ini yaitu Stan Putu Bambu Medan. Penjual kue berbahan tepung beras itu telah 4 kali mengikuti festival ini dan tahun ini merupakan yang kelima kalinya mengikuti JFFF. Sepotong kue putu yang dijualnya dibandrol seharga Rp 2.500.

Selain itu juga ada Stan Es Buah Acen Pluit, yang telah 6 kali mengikuti festival ini. Salah satu menu yang disajikan di Stan ini adalah Es Super Kombinasi yang dibanderol denngan harga Rp 23.000 per porsi. Menu lain yang juga disajikan di Stan ini adalah menu Es Mutiara Buah dan Es Sarang Burung. Kedua menu favorit tersebut dibanderol dengan harga Rp 18.000 per mangkuk.

Ada juga Stan Petojo Sari, denngan menu andalan Nasi Peda dan Nasi Ayam Bakar.

Dalam festival ini juga disajikan aneka Wine and Cheese di areal Multi Purpose Hall, La Piazza, Kelapa Gading. Untuk mengunjungi lokasi ini setiap pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang. Di lokasi ini, pengunjung disuguhi anggur dan keju dari Australia, Amerika, Argentina, Chili, Italia, Jerman, Kanada, New Zealand, Prancis, Portugal, South Africa, dan tuan rumah, Indonesia.

Apabila pada libur akhir pekan kali ini atau minggu depan, para Pembaca tidak memiliki rencana, mungkin ajang festival ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk berburu kuliner.

1 comment: