Wednesday, April 13, 2011

Berburu Kuliner Soto Ikan ke Cibinong

CIBINONG - Malam minggu tanggal 2 April 2011, penulis diajak oleh Sepupu penulis untuk mencoba soto ikan yang ada di daerah Cibinong. Mendengar ajakan sepupu ini, penulis agak heran, apakah memang di daerah Cibinong ada tempat kuliner yang layak untuk diburu? Terus terang selama ini penulis belum pernah mendapatkan informasi tentang adanya lokasi kuliner di Cibinong yang terkenal atau unik. Menurut sepupu penulis, soto ikan di tempat ini layak untuk dicoba, karena dia pernah sekali datang ke tempat ini.

Penasaran dengan informasi dan ajakan ini, maka penulis segera menerima ajakan ini. Namun sepupu penulis mengaku bahwa tidak begitu ingat jalan menuju lokasi kuliner ini. Hanya dia ingat alamatnya di Jl. Mayor Oking. Bermodal ingatan itu, maka penulis dan sepupu pun berangkat menuju lokasi kuliner ini.

Perjalanan ditempuh melalui Jalan Raya Bogor, ketika sampai di pertigaan Cibinong (setelah turun dari flyover, kami pun mengambil jalan ke kiri menuju ke Jalan Tol Jagorawi, inilah Jalan Mayor Oking. Ternyata tidak sulit juga untuk mencari lokasi kuliner ini, karena di depan rumah makan ini terpampang sebuah spanduk berwarna kuning yang bertuliskan "SOTO IKAN". Nama Rumah Makannya adalah RM. CIRIUNG INDAH. Lokasinya tepat di sebelah kiri jalan, arah dari pertigaan Cibinong ke Citeureup/Jalan Tol Jagorawi. Alamatnya adalah Jalan Mayor Oking 123, Ciriung, Cibinong. Nomor Telepon +62 021-8752849, +62 021-32919017, +62 021-95149897 dan +62 0812 10229989.
Rumah Makan ini buka setiap hari (termasuk juga hari libur mulai pukul 08.00 s.d. 21.00 WIB).

Kebetulan ketika sampai di tempat ini, keadaannya sedang tidak ada pengunjung. Namun ketika kami telah memesan menu sudah ada beberapa rombongan pengunjung yang singgah ke rumah makan ini. Kami bersyukur, bahwa kami tidak perlu menunggu terlalu lama, pesanan kami sudah siap dihidangkan. kami memesan 2 (dua) porsi Soto Ikan Gurame masing-masing berukuran 8 ons, sate ayam, gado-gado, dan cap cai. Soto ikannya dengan kuah berwarna kuning dan aroma rempah-rempah yang cukup khas.

Memang rasa soto ikan di tempat ini sedikit unik, dengan ikan gurame yang gurih dan kuah yang rasanya asam, pedas, dan asin menjadikan hidangan ini sangat cocok apabila disantap pada siang hari dalam cuaca yang panas karena terasa sangat segar.

Ikan gurame yang dihidangkan di sini sangat segar karena ikannya ini dipelihara di kolam dan ketika ada pengunjung yang memesan, barulah ikan tersebut ditangkap dan diolah. Bumbu yang digunakan untuk soto ikan ini terdiri dari terdiri dari cabai, bawang, serai, kunyit, jahe, dan belimbing wuluh, dan dihargai sebesar Rp 8.000 per ons.

Selain menu andalan Soto ikan Gurame, di rumah makan ini juga menyediakan menu Sop Buntut yang dihargai sebesar Rp 27.500 per porsi dan Sop Buntut Goreng dengan harga Rp 32.500 per porsi. Menurut sepupu penulis, sop buntut di tempat ini juga sangat enak dan empuk. Namun pada malam itu, penulis ingin mencoba dulu soto ikan. Mungkin di lain waktu, penulis akan berkunjung lagi untuk mencoba sop buntut.

Namun untuk mencapai rumah makan ini, kita harus menghadapi kemacetan di Pasar Cibinong atau di Citeureup. Akibatnya mungkin sebagian orang malas untuk datang ke tempat ini. Namun untuk mengantisipasi hal ini, rumah makan ini menerima sistem pesan dan antar (delivery order).

Penilaian Penulis:
Soto ikannya cukup segar, namun sayangnya terlalu asin. Jadi apabila ingin memesan dan tidak suka asin, maka bisa meminta untuk dikurangi garam.
Bumbu rempahnya cukup terasa, namun menurut penulis, akan lebih segar lagi apabila dalam soto ikan tersebut ditambah dengan nanas.
Sebaiknya menikmati soto ikan pada siang hari ketika cuaca panas.
Secara keseluruhan, nilai yang dapat diberikan atas hidangan di tempat ini adalah 70.

Peta menuju tempat ini:
View Larger Map

4 comments:

  1. ohhh ada ya...

    kesana ahhhh...

    itu tidak jauh dari rumah ku

    ReplyDelete
  2. Wah Mantep Nih Kapan kesana Ah ..coba2




    fr. Bebek Goreng Serundeng sambel Ijo (komplek bambu Setu cikaret )

    ReplyDelete
  3. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete