Tuesday, October 19, 2010

Liputan Hasil Berburu Kuliner di Kota Semarang dengan Nokia N8

SEMARANG - Salah satu potensi wisata yang menjadi andalan dari Kota Semarang adalah wisata kuliner. Apabila disebutkan jenis-jenis kuliner seperti wingko babat, bandeng presto, lumpia semarang, tentunya kita akan dapat membayangkan bahwa jenis kuliner yang disebutkan tersebut adalah berasal dari Kota Semarang.

Salah satu kuliner yang wajib dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang adalah bandeng presto. Selama ini, wisatawan yang berkunjung ke Semarang, pastilah akan mencari Bandeng Presto "Juwana" yang Tokonya terletak di Jalan Pandanaran. Penulis juga selalu tidak lupa untuk menyempatkan diri ke lokasi Toko Juwana ini untuk mencari oleh-oleh khas Semarang, terutama untuk membeli Bandeng Presto.

Namun pada kunjungan ke Semarang kali ini, Penulis mendapatkan informasi dari Pemilik Hotel Olympic tempat penulis menginap, bahwa ada satu tempat yang menjual Bandeng Presto, yang rasanya lebih enak dibandingkan dengan Bandeng Presto "Juwana". Namanya adalah Bandeng Presto "Super Vit", yang terletak di Jalan Tanah Mas. Penasaran dengan informasi berharga ini, maka penulis mencoba untuk berburu kuliner ini.
Namun setelah ditanyakan kepada supir yang mengantarkan penulis, ternyata mereka tidak mengetahui lokasi kuliner yang satu ini. Bingung juga untuk mencari tahu letak tempat ini, karena informasi tentang lokasi yang diberikan kurang lengkap dan juga penulis tidak memahami jalan-jalan di Semarang.

Untunglah penulis memiliki Handphone Nokia N8 yang dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Penulis coba mencari alamat lengkap lokasi ini di internet, dan setelah dicari melalui search engine, ternyata diperolehlah alamat lengkap Lokasi Kuliner ini adalah di Jalan Selomas Raya B-17, Semarang. Kemudian dengan menggunakan fitur Ovi Maps yang juga telah diberikan secara gratis dalam Handphone Nokia N8 ini, penulis berhasil menemukan lokasi kuliner ini. Untung saja penulis memiliki Handphone Nokia N8, yang memiliki fitur GPS lengkap berupa:
  • Penerima GPS, A-GPS terpadu
  • Ovi Maps dengan navigasi gratis buat mobil & pejalan kaki
  • Penentuan Posisi Wi-Fi
  • Kompas dan akselerometer untuk orientasi tampilan yang benar
  • Gunakan Nokia Ovi Suite untuk mendapatkan peta negara terbaru di Ovi Maps N8 secara gratis.

Belum lengkap rasanya penulis membuat tulisan ini tanpa dilengkapi dengan foto, maka penulis mencoba mengabadikan kuliner yang satu ini melalui foto-foto yang juga diambil dengan menggunakan kamera dari Nokia N8 ini. Kamera Nokia N8 ini dilengkapi juga dengan kamera yang memiliki spesifikasi cukup lengkap berupa:
  • Kamera 12 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss
  • Perbesaran 1/1.183” format sensor gambar pada optik
  • Jendela bidik 16:9 selayar penuh dengan parameter layar sentuh yang mudah digunakan
  • Lampu kilat Xenon dengan penghapusan red-eye otomatis
  • Perangkat lunak untuk pengenalan wajah
  • Autofokus
  • Panjang fokus : 5,9 mm (setara dengan 28mm sampai 35mm format film)
  • Angka F/Aperture: F2.8
  • Format file foto : JPEG/EXIF
  • Perbesaran hingga 2x (digital) untuk gambar
  • Perbesaran hingga 3x (digital) untuk video
  • Kamera kedua untuk panggilan video (VGA, 640 x 480 piksel)
  • Fitur settingan favorit
  • Menggunakan kontrol kamera manual untuk mengatur keseimbangan warna putih, mode pemandangan, kompensasi eksposure, nuansa warna, jendela bidik dengan grid, tingkat ketajaman, kontras, kontrol lampu kilat, sensitifitas cahaya(ISO), waktu hitung mundur, pengenalan wajah
sehingga hasil jepretan Nokia N8 dengan kamera 12 megapiksel yang dilengkapi dengan dengan lensa Carl Zeiss ini kualitasnya cukup baik dan dapat dipasang pada tulisan ini. Sehingga Pembaca dapat melihat gambar detil dari Toko Bandeng Presto "Super Vit" di bawah ini (silakan klik gambar di bawah ini untuk perbesar).

Di samping fitur yang dimiliki Nokia N8 berupa fitur Navigasi dan GPS serta kamera yang cukup canggih, ternyata Nokia N8 masih memiliki banyak fitur-fitur canggih lainnya. Untuk fitur selengkapnya dapat dilihat di sini.

Kembali ke topik kita tentang berburu kuliner di Kota Semarang ini, maka setelah tiba kembali di Jakarta, penulis mencoba bandeng presto "Super Vit" ini. Rupanya memang benar, rasa bandeng presto ini jauh lebih enak dari pada bandeng presto yang sudah pernah penulis rasakan. Menurut penjual bandeng presto Super Vit ini, memang mereka hanya memproduksi bandeng presto ini sesuai dengan pesanan, wajar saja, ketika penulis memesan jumlah yang cukup banyak, masih harus menunggu 3 jam. Akhirnya penulis meminta agar pesanan ini dikirimkan saja ke hotel tempat penulis menginap. Rupanya dengan sistem ini, produk bandeng presto Super Vit ini tetap terjaga kesegaran dan cita rasanya. Jadi apabila para Pembaca ingin membeli bandeng presto ini, alangkah baiknya terlebih dahulu memesan melalui telepon di nomor: 024-3513457.

Selain dijual bandeng presto, di tempat ini juga dijual pepes bandeng presto. menurut penulis, pepes bandeng presto ini lebih enak daripada bandeng presto, karena bumbu yang telah diolesi merata pada ikan bandeng tersebut kemudian dibungkus daun pisang dan dipepes. Sehingga rasa bumbunya sangat terasa.

Harga bandeng presto Super Vit ini adalah Rp 55.000 per kg.

Lokasi Bandeng Presto Super Vit:

View Larger Map

1 comment: