Friday, October 22, 2010

Berburu Kuliner Ke Luar Negeri Tetap Dapat Berkomunikasi Tanpa Takut Kena Roaming

Hasil berburu kuliner yang dilakukan penulis sampai saat ini dan telah diulas dalam blog BERBURU KULINER ini seluruhnya adalah kuliner di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera. Sebenarnya penulis bercita-cita untuk mencicipi berbagai kuliner dari seluruh pelosok Nusantara bahkan Manca Negara. Penulis bercita-cita untuk dapat seperti Bondan Winarno yang dapat melakukan perjalanan ke berbagai daerah baik di Indonesia maupun manca Negara untuk mencicipi aneka jenis kuliner di seluruh dunia.

Namun hingga saat ini, cita-cita penulis tersebut baru dapat terwujud sebatas melakukan perjalanan ke beberapa daerah untuk berburu kuliner asal setiap daerah yang telah dikunjungi tersebut. Sedangkan untuk mewujudkan cita-cita berburu kuliner ke daerah lain yang belum pernah dikunjungi ataupun ke Luar Negeri, maka saat ini penulis telah berusaha mempersiapkan berbagai hal. Yang paling utama adalah mengumpulkan berbagai informasi mengenai aneka kuliner khas dari tiap daerah, referensi lokasi kuliner. Dengan demikian, apabila suatu saat penulis mendapatkan tugas maupun melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri, maka penulis telah siap langsung berburu kuliner terbaik di daerah yang dikunjungi.

Satu yang tak kalah penting yang harus dipersiapkan dalam rangka berburu kuliner ke luar negeri adalah sarana komunikasi. Di saat teknologi informasi dan telekomunikasi yang berkembang sangat pesat ini, maka dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terpisahkan dengan telepon selular (ponsel) sebagai kita berkomunikasi. Bagi orang yang sering melakukan aktivitas di berbagai tempat, maka ponsel ini menjadi demikian penting. Penulis juga sangat merasakan ketika melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lainnya, maka harapan penulis adalah ponsel yang dimiliki penulis ini dapat digunakan di daerah manapun tanpa harus melakukan registrasi ataupun mengubah nomor. Untuk itu, maka penulis harus memilih operator selular yang memiliki berbagai fasilitas yang memudahkan penggunanya dengan harga yang paling ekonomis. Untuk itulah, maka sejak awal penulis telah memilih untuk menggunakan operator selular XL. Apalagi saat ini operator selular XL ini telah memberikan berbagai macam fasilitas untuk pengguna ponsel BlackBerry.


Operator selular XL adalah merupakan operator selular pertama di Indonesia yang mempelopori tarif bebas roaming nasional. Ketika sekitar awal tahun 2000-an, ketika operator selular lainnya masih mengenakan biaya roaming ketika penggunanya berada di luar kota. Biaya roaming ini dikenakan ketika pengguna yang berada di luar kota menerima panggilan. Karena adanya fasilitas inilah maka ketika itu penulis menjatuhkan pilihan untuk menggunakan operator selular XL (nomor ponsel penulis hanya 6 digit di belakang 0817, yaitu nomor 0817 13XXXX, jadi penulis adalah pengguna setia XL lho… hehehe…). Tarif bebas roaming nasional ini benar-benar sangat bermanfaat ketika itu bagi penulis apalagi tugas penulis yang sering bepergian ke berbagai daerah di Indonesia.

Pada pertengahan bulan ini penulis memperoleh informasi dari Media Indonesia online, edisi tanggal 13 Oktober 2010 ternyata XL telah membuat sebuah terobosan baru, dimana XL memberikan suatu fasilitas baru kepada para penggunanya yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri berupa fasilitas “Bebas Roaming Internasional di 7 Negara”. Fasilitas ini diberikan untuk jenis layanan XL BlackBerry. Menurut salah satu media online yaitu Kaltim Post, layanan bebas roaming internasional yang diberikan XL ini adalah merupakan inovasi layanan pertama di dunia. Fasilitas bebas roaming internasional ini diberikan untuk pengguna di 7 negara yaitu: Malaysia (dengan operator Celcom), Singapura (dengan operator M1), Kamboja (dengan operator Hello), Bangladesh (dengan operator Robi), Sri Lanka (dengan operator Dialog), Hongkong (dengan operator SmartTone) dan Jepang (dengan operator Softbank).

Fasilitas layanan bebas roaming internasional ini berlaku untuk periode 13 Oktober 2010 s.d. 31 Desember 2010 yang akan otomatis diaktifkan apabila pelanggan mengaktifkan layanan BlackBerry Full Service Rp 99.000 per bulan tanpa perlu melalui proses registrasi. Fasilitas bebas roaming yang diberikan XL ini berupa (sebagaimana dikutip dari situs resmi XL):

Untuk pelanggan XL BlackBerry Full Service bulanan yang yang menggunakan kartu XL Prabayar bisa secara otomatis menikmati fasilitas gratis internasional roaming selama 3 hari pertama yang berlaku di 7 negara begitu mengaktifkan layanan XL BlackBerry dengan tarif hanya Rp. 99.000/bulan. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengaktifkan layanan roaming internasionalnya. Fasilitas gratis roaming ini berlaku selama 3 hari pertama di negara yang dikunjungi serta untuk maksimal 3 kali kunjungan di negara tujuan dalam jangka waktu 30 hari atau sebulan. Untuk hari ke-4 dan seterusnya di setiap kunjungan akan dikenakan tarif roaming normal.

Sementara bagi pelanggan XL BlackBerry yang menggunakan kartu XL Pascabayar, fasilitas gratis internasional roaming bisa dinikmati selama 9 hari dalam jangka waktu 30 hari di 7 negara yang termasuk dalam daftar program bebas internasional roaming ini. Untuk hari ke-10 dan seterusnya, akan dikenakan tarif roaming normal.

Bagi pelanggan baru, cara mendapatkan fasilitas gratis layanan internasional roaming ini sangat mudah. Pelanggan cukup mengaktifkan layanan BlackBerry Full Service bulanan dengan cara kirim SMS dengan menuliskan “BB(spasi)BULAN lalu kirim ke 568. Setelah menerima notifikasi, jawab dengan ketik Y dan kirim lagi ke 568. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi lagi yang menginformasikan bahwa dalam 24 jam layanan XL BlackBerry akan aktif. Dengan aktifnya layanan XL BlackBerry Full Service Bulanan, otomatis pula akan aktif fasilitas roaming internasional. Layanan Blackberry Roaming akan otomatis dihentikan saat pelanggan tiba di Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat diperoleh di Situs Resmi XL atau baca di sini.

Dengan demikian, keinginan penulis untuk berburu kuliner ke luar negeri akan terbantu oleh XL tanpa perlu khawatir akan kesulitan dalam berkomunikasi karena mahalnya biaya pulsa untuk menelepon. Semoga penulis dapat mewujudkan keinginan untuk berburu kuliner di Luar Negeri, terutama mencoba kuliner di Singapura seperti di: Makan Sutra Hawker Centre (Glutton’s Bay Hawker Centre), Chinatown Complex Food Centre, East Coast Lagoon Food Village, Geylang Serai Market, Golden Mile Food Centre, Lau Pa Sat Festival Market, Maxwell Food Centre, Newton Food Centre, Zion Riverside Food Centre dan sebagainya. Semoga tercapai…

1 comment:

  1. untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    ReplyDelete