Tuesday, August 31, 2010

Soerabi Bandung ENHaii di Palembang

PALEMBANG - Kota Palembang saat ini sedang giat-giatnya mempromosikan dunia pariwisatanya dengan menghadirkan berbagai macam kegiatan wisata. Baik itu wisata air, wisata pemandangan, wisata budaya dan sejarah, serta wisata kuliner. Apalagi dalam menyambut Pesta Olahraga SEA GAMES 2011 yang akan dilakukan di Sumatera Selatan (khususnya Palembang). Maka Pemerintah Daerah Sumatera Selatan saat ini sangat mendukung kegiatan investor yang mendirikan tempat wisata. Oleh sebab ini, saat ini banyak bermunculan lokasi-lokasi kuliner baru di Kota Palembang.

Salah satu tempat kuliner yang hadir di Kota Palembang pada pertengahan Mei 2010 adalah Soerabie Bandung ENHAii. Tempat ini dibuat dengan konsep cafe dan resto yang berhadapan langsung dengan sebuah danau kecil buatan yang memiliki jogging track dan hiasan lampu-lampu pada malam hari, yang dinamakan Kambang Iwak, sehingga sangat cocok bagi para muda-mudi sebagai tempat nongkrong ketika di sore atau malam hari. Lokasi Soerabie Bandung ENHAii ini tepatnya di Jl. Tasik No. 5 (Kambang Iwak), Palembang Telp. 0711-356382.


Dengan banyak varian rasa yang ditawarkan sehingga akan menggugah selera para pencinta kue soerabi bandung, Varian rasa yang ditawarkan Soerabi ENHaii antara lain ada Soerabi Oncom, Soerabi Ayam, Soerabi sosis, Soerabi Jagung bahkan Soerabi ENHaii juga menawarkan varian rasa buah buahan seperti durian, nangka, pisang dan jagung.

Harga soerabie bandung yang dipatok di cafe dan resto ini bervariasi seperti:
Soerabi durian dengan harga dari Rp12.000 – Rp16.000,
Soerabi nangka dengan harga dari Rp7.000 – Rp10.000,
Soerabi oncom dengan harga dari Rp7.000 – Rp14.000,
Soerabi Ayam dengan harga dari Rp9.000 – Rp13.000,
Soerabi Sosis dengan harga dari Rp9.000 – Rp13.000,
Soerabi Pisang dengan harga dari Rp7.000 – Rp11.000, dan
Soerabi Jagung dengan harga dari Rp8.000 – Rp11.000

Selain mengandalkan menu utama kue soerabie bandung, resto ini juga menyajikan menu seperti Nasi Timbel, Nasi Goreng, Nasi Ayam Bakar dan lainnya.

Kue Soerabie sendiri berbahan baku dari adonan tepung beras dan tepung terigu dibuat dengan tingkat keeceran yang pas lalu dimasak menggunakan kuali kecil berbahan tanah di atas bara arang. Dahulunya kue soerabi hanya berasa tawar namun saat ini kue soerabi dapat ditambahkan varian rasa yang lezat seperti susu, coklat, keju, bahkan buah buahan.

Cafe dan resto Soerabie Bandung ENHAii ini buka dari pukul 07.00 pagi hari hingga pukul 00.00 malam. Hingga saat tulisan ini dibuat, cafe ini cukup ramai dikunjungi pembeli, terutama pada saat sore hari yang mengakibatkan parkir mobil pengunjung hingga memacetkan jalan Tasik.

Penilaian Penulis:
Rasa soerabie di tempat ini sedikit berbeda dengan soerabie di Bandung, hal ini karena untuk menyesuaikan selera masyarakat Palembang terutama untuk Soerabie rasa ayam diberi potongan ayam serta disiram dengan mayonaise (namun ada santan dan terasa agak pedas), menurut penulis rasanya aneh dan kuah siramannya seperti kuah mi celor. Jadi jika ingin memesan soerabie yang rasanya mirip dengan soerabie asli Bandung, maka pesanlah soerabie selain rasa ayam dan sosis. Untuk cita rasanya penulis berikan nilai 65.

Lokasi Soerabie ENHaii:

View Larger Map

1 comment:

  1. untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    ReplyDelete