Sunday, January 31, 2016

Escargot - Hidangan Bekicot Yang Menggugah Selera di Roemah Noni

Jakarta Pusat - Escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot (siput) yang berasal dari Perancis. Dalam bahasa Perancis, escargot berarti bekicot. Hidangan escargot ini adalah merupakan hidangan appetizer yang lezat dengan kandungan gizi yang tinggi yang terdiri dari protein, kalsium, asam amino, zat besi, fosfor, dan Vitamin B komplek. Bekicot yang merupakan hewan yang menjijikkan ternyata melalui tangan-tangan chef yang ahli, dapat diubah menjadi masakan yang lezat.

Saat ini di Jakarta ada beberapa restoran yang menyajikan kuliner khas dari Perancis ini. Salah satunya adalah Restoran Roemah Noni" yang terletak di Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat. Rumah makan ini menyajikan menu masakan dari perpaduan budaya China dan Indonesia yang berasal dari resep di tahun 1900-an. Beberapa menu makanan yang disajikan ada yang sudah diperbaharui dengan sentuhan perkembangan makanan modern.


Dari penampilan luarnya, restoran ini seperti rumah biasa. Memang dari bangunan rumah biasa yang bergaya bangunan Belanda, disulaplah menjadi sebuah restoran. Pada pintu masuknya diletakkan sebuah bajaj dan becak. Di bagian dalamnya yang masih bentuk bangunan rumah di ruang tamu yang disulap menjadi restoran. Kemudian ada sebuah kamar yang dijadikan sebagai ruang makan yang lebih private. Pada dinding restoran ini terpajang foto-foto jaman dulu dari keluarga pemilik rumah makan ini.

Pada saat penulis mendatangi restoran ini, terlihat ada 1 meja yang sudah terisi pengunjung yang sedang menikmati makan siang mereka. Penulis pun mencoba untuk memesan beberapa menu yaitu:
Escargot Bawang harga 1 porsi Rp 66.000 (termasuk Pajak)
Kerang Nenek Saus Pedas harga 1 porsi Rp 55.000 (termasuk Pajak)
Nasi Goreng Khas Noni harga 1 porsi Rp 38.500 (termasuk Pajak)
Nasi putih harga 1 porsi Rp 7.150 (termasuk Pajak)
Es Lemon Tea harga Rp 19.250 (termasuk Pajak)
Air Mineral botol harga Rp 4.400 (termasuk Pajak)

Untuk menu escargot yang ditumis dengan diberi bumbu bawang putih, mentega, seledri dan minyak yang kemudian disajikan dalam wadah dengan lubang-lubang tepat untuk meletakkan setiap bekicotnya (seperti wadah untuk membuat kue cubit). Tidak ada salahnya bagi para Pembaca untuk mencoba menu ini. Bekicotnya kenyal dan sudah tidak berbau amis. Rasanya seperti makan kerang. Ditambah dengan campuran bawang putih, mentega dan seledri membuat escargot ini cukup menggugah selera makan. Cara makannya juga cukup unik, dengan menggunakan pencapit untuk memegang bekicot yang masih panas dan menggunakan semacam garpu untuk mengeluarkan daging dari cangkang bekicotnya.

Selain itu, penulis juga memesan kerang Nenek saus pedas. Menu yang satu ini juga tidak kalah lezatnya dengan escargot. Hanya saja untuk memakannya yang mungkin memerlukan sedikit keahlian. Karena untuk dapat memakan dagingnya, kita harus menghisap/menyedot dari bagian bawah cangkang kerang Nenek tersebut (jangan menyedot dari ujung atas cangkang, karena sulit untuk mengeluarkan dagingnya).

Dengan saus pedasnya membuat kerang Nenek ini cukup lezat. Rasanya tidak akan puas dan ingin terus menambah lagi.

Penulis memberi nilai untuk makanan yang disajikan di restoran ini sekitar 7,5 dan layak untuk dicoba. Dari sisi harga, memang makanan yang disajikan disini relatif mahal.

Alamat:
Restoran Roemah Noni
Jl. Kesehatan No. 12 Jakarta Pusat
Telepon +62 21 3846495

Beberapa Fakta tentang Escargot
  1. Tidak semua siput dapat dimakan. Prancis menyebut siput yang dapat dimakan dengan julukan ‘escargot’, sedangkan yang tidak bisa dimakan dengan ‘lima├žon’.
  2. Escargot mengandung banyak protein dan tidak mengandung banyak lemak (jika di masak dengan mentega).
  3. Cara memakan escargot dengan benar: Pegang tubuhnya dengan penjepit khusus escargot kemudian gunakan garpu khusus untuk mengeluarkan tubuhnya dari cangkangnya.

1 comment:

  1. mantap informaasinya gan, jadi pengen nyoba

    paket wisata jogja (www.pakettourjogja.com)

    ReplyDelete