Friday, January 4, 2013

Manisan Buah Carica Yang Menggugah Selera Makan


DIENG - Banyak sekali kuliner unik yang dapat kita temukan di Indonesia. Mulai dari kuliner ringan yang hanya dijadikan sebagai makanan camilan, hingga kuliner berat sebagai menu santapan utama. Untuk kuliner ringan, Indonesia adalah kaya dengan variasi dan bentuk makanan yang cukup menggugah selera makan. Berikut ini satu lagi jenis kuliner ringan yang penulis temukan. Kuliner ini adalah berupa manisan buah.

Kuliner yang akan dibahas kali ini adalah manisan buah yang berasal dari Dataran Tinggi Dieng, manisan carica.


Jika mendengar namanya, carica, tentulah timbul pertanyaan. Buah apakah carica itu. Carica sebenarnya adalah nama latin dari buah pepaya (nama genus pepaya). Sedangkan buah yang dijadikan manisan ini memang berasal dari sejenis buah pepaya sehingga dinamakan Carica. Buah carica yang dijadikan manisan yang kita temukan di daerah Dieng ini adalah buah pepaya khas yang hanya dapat kita temukan di dataran tinggi Dieng. Buahnya berbentuk sama seperti pepaya, hanya saja ukurannya lebih kecil, yaitu dengan panjang sekitar 7-15 cm dan diameter sekitar 3-8 cm. Rasa buahnya agak asam dan kenyal. Karena rasa buahnya yang asam, maka buah ini dibuat sebagai manisan oleh penduduk Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya.

Beberapa hari yang lalu penulis dibawakan oleh-oleh manisan carica ini. Manisan carica ini dikemas dalam botol selai dengan berat 350 gram. Manisan carica ini terasa kenyal saat dimakan. Dengan rasa yang manis dan sedikit asam membuat manisan ini terasa cukup menyegarkan. Sangat nikmat apabila dimakan pada saat cuaca panas. Air gula yang dipakai untuk merendam manisan carica ini (sirup) juga dapat diminum dan cukup segar. Kabarnya buah carica ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete