Tuesday, February 21, 2012

Gudeg Enak Di Menteng - Jakarta

JAKARTA PUSAT - Gudeg Jogja adalah merupakan salah satu makanan khas dari Kota Yogyakarta yang dengan mudah kita temui di setiap daerah di Indonesia. Gudeg Jogja di setiap daerah ini memiliki cita rasa tersendiri namun umumnya tidak dapat menyamai cita rasa Gudeg yang asli dari Kota Yogyakarta. Gudeg asli kota Yogyakarta memiliki rasa yang manis dengan krecek yang kenyal, gurih dan agak pedas serta telur yang sudah berwarna coklat dan sudah cukup keras/kenyal dan bumbu yang sudah meresap hingga ke kuning telurnya.

Selama ini beberapa tempat kuliner yang menghidangkan menu Gudeg Jogja yang pernah penulis singgahi di daerah Jakarta dan sekitarnya, belum pernah ditemui ada hidangan gudeg Jogja yang cita rasanya dapat menyamai Gudeg Jogja yang asli dari Yogyakarta. Biasanya telurnya yang kurang keras dan bumbunya kurang meresap atau krecek yang kurang gurih.


Akhirnya penulis menemukan satu lokasi kuliner yang menyediakan gudeg jogja yang rasanya cukup enak dan mirip dengan Gudeg Jogja yang asli. Lokasinya berada di Jl. Cik Ditiro No. 21, Jakarta Pusat tepatnya berada di seberang Rumah Sakit Bunda. Nama rumah makan ini adalah Rumah Makan dan Kopi Tikala. Untuk menghubungi rumah makan ini untuk memesan, dapat menghubungi nomor telepon +62 021 3141738.

Sebenarnya rumah makan Tikala ini lebih mirip food court, karena ada beberapa stand makanan yang tergabung di rumah makan ini. Di tempat ini selain ada stan yang menjual gudeg Jogja, ada juga stan yang menjual menu masakan Manado, stan menu sio may, stan tahu pong Madiun, Bakwan Malang. Selain itu juga tersedia beraneka macam minuman, seperti kopi luwak, kopi susu, teh.

Gudeg Jogja di Rumah makan ini adalah merupakan cabang dari Gudeg Jogja Cikini. Menurut penulis masakan Gudeg Jogja di tempat ini lumayan enak terutama telur dan tahu/tempe bacemnya. Bumbunya sangat meresap ke dalam tahu/tempe bacem dan telur. Dan menurut penulis, Gudeg Jogja yang disajikan di tempat ini merupakan Gudeg Jogja yang paling enak di antara beberapa kuliner gudeg Jogja yang pernah penulis temui di Jakarta. Sedangkan untuk kreceknya menurut penulis kurang begitu istimewa, karena krecek ini sebelumnya telah digoreng sehingga mengembang terlalu banyak sehingga pada saat dimasak sudah kurang padat berisi. Jadi ketika dimakan, kurang terasa sedang memakan krecek.

Harga Gudeg 1 paket yang terdiri dari gudeg, krecek, telur seharga Rp 24.000. Sedangkan harga sepotong tahu atau tempe bacem adalah Rp 4.000.

Penulis juga mencoba untuk mencicipi tahu super pong Kediri. Namun sayangnya tahu pong ini rasanya terlalu asin dan penulis kurang menyukai tahu pong ini karena tidak ada keistimewaannya. Harga tahu pong ini adalah Rp 15.000 sebanyak 10 potong. Penulis juga berpendapat bahwa harga ini terlalu mahal dan tidak sebanding dengan kelezatan yang diberikan.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete