Monday, January 16, 2012

Lapis Legit Enak dari Pontianak

PONTIANAK - Tahun baru Imlek tinggal seminggu lagi. Biasanya dalam merayakan tahun baru Imlek, akan kita temui berbagai jenis makanan yang disajikan dalam merayakan tahun baru Imlek ini. Dalam tradisi dan budaya Tionghoa, aneka jenis makanan khas yang disediakan pada saat Imlek ini memiliki perlambang dan perumpamaan. Misalnya kue keranjang (dodol China/thi kwee/thiam kwee/nian gao) yang kuenya manis dan lengket mengumpamakan bahwa semua yang manis selama tahun yang baru (rejeki, kesehatan, kebahagiaan) akan senantiasa menempel di kehidupan orang yang memakannya dalam sepanjang tahun selain itu juga seluruh sanak saudara akan bersatu. Jeruk (dalam bahasa Hokkian disebut "kham" lafalnya hampir sama dengan kata "ikhlas dalam memberi") melambangkan bahwa orang yang memberikan (menghidangkan) jeruk kepada tamunya adalah dengan hati yang ikhlas, termasuk juga ikhlas dalam berbagi rejeki.

Satu jenis makanan lainnya yang juga sering kita temukan pada saat perayaan Imlek adalah kue lapis legit. Kue lapis legit ini melambangkan bahwa diharapkan bahwa dalam tahun yang baru, akan dipenuhi dengan rejeki dan berkat yang berlapis-lapis. Kue lapis legit dapat kita temukan di setiap daerah. Namun biasanya penulis tidak menyukai lapis legit yang dijual di pasaran karena umumnya lapis legit yang dijual di pasaran menggunakan bahan-bahan dengan kualitas standar sehingga mempengaruhi cita rasa yang kurang legit. Selama ini lapis legit yang penulis sukai adalah lapis legit yang berasal dari Pontianak, terutama yang di buat oleh saudara-saudara penulis. Umumnya orang-orang Pontianak memang pandai dalam membuat kue lapis legit.

Di kota Pontianak juga terdapat sebuah toko yang menjual kue lapis legit yang cukup terkenal karena memiliki cita rasa yang enak. Apabila di antara Pembaca ada yang berkesempatan mengunjungi kota Pontianak, maka tidak ada salahnya untuk singgah di toko kue lapis legit Le Gita Cakes yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 240/10, Pontianak, telepon +62 0561-735489 fax +62 0561 762988. Untuk pemesanan dapat menghubungi Djohan HP. 0811-568429.

Di toko ini menyediakan kue lapis legit special dan nastar khas Pontianak.

Kue lapis legit yang dijual di toko ini sudah cukup terkenal dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Pontianak. Kue lapis legit yang dijual ada berbagai macam rasa, seperti:
-Lapis legit polos (ukuran 19 x 19 cm) seharga Rp 265.000
-Lapis Mocca (ukuran 19,5 x 19,5 cm) seharga Rp 285.000
-Lapis Prunes (ukuran 19,5 x 19,5 cm) seharga Rp 295.000
-Lapis Kenari (ukuran 19,5 x 19,5 cm) seharga Rp 295.000
-Lapis Keju (ukuran 19,5 x 19,5 cm) seharga Rp 295.000
-Lapis Dodol Durian (ukuran 19,5 x 19,5 cm) seharga Rp 300.000

Salah satu kue lapis yang dicoba oleh penulis adalah kue lapis rasa dodol durian. Kue lapis rasa dodol durian ini bentuknya sama seperti kue lapis biasa, hanya pada bagian lapisan yang berwarna coklat diganti dengan adonan dodol durian, dari seluruh lapisan yang berwarna coklat hanya 3 lapis (tipis) yang digantikan dengan adonan durian, sisanya tetap menggunakan adonan kue lapis bercampur coklat. Walau hanya 3 lapis dodol duriannya namun rasa dan aroma dodol duriannya lebih dominan. Bahkan rasa dari kue lapisnya sendiri hilanh sehingga kita bagaikan sedang memakan dodol durian. Penulis menyarankan bagi pembaca yang ingin merasakan rasa kue lapis legit yang asli, sebaiknya membeli yang rasanya netral (polos).

Selain itu, Le Gita Cakes juga menyediakan kue nastar.

Informasi selengkapnya mengenai produk dari Le Gita Cakes ini dapat diperoleh di websitenya di www.legita-cakes.com.


3 comments:

  1. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete