Saturday, December 17, 2011

Roti Unyil Oleh-oleh dari Bogor

BOGOR memiliki aneka ragam kuliner yang unik yang merupakan hasil kreasi para pengusaha kuliner di kota yang dikenal sebagai kota hujan ini. Kuliner khas Bogor ini bukan merupakan makanan tradisional warisan budaya, namun merupakan hasil ciptaan dari tangan-tangan yang kreatif. Hasilnya kuliner hasil kreasi ini justru dikenal masyarakat luas sebagai kuliner khas dari Bogor yang wajib untuk diburu.

Salah satu kuliner hasil kreasi yang saat ini sudah diidentikkan dengan kuliner khas Bogor adalah Roti Unyil. Namanya memang cukup aneh. Roti Unyil sebenarnya adalah roti manis denngan isi beraneka ragam, ada yang isinya coklat, keju, sosis, daging asap atau taburan mesis. Namun ukuran roti unyil ini kecil dan kita dapat menyantap sebuah roti hanya dalam satu suapan saja. Mungkin karena ukurannya yang mini ini, maka roti ini dinamakan roti Unyil (Unyil adalah nama tokoh boneka ciptaan Indonesia yang filmnya cukup terkenal di era tahun 1980-an). Saat ini roti Unyil sudah dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Bogor.

Ada beberapa lokasi toko yang menjual roti Unyil di kota Bogor. Namun saat ini toko yang menjual roti Unyil yang cukup terkenal adalah Toko Roti Unyil VENUS. Ketika berkunjung ke Kota Bogor pada hari Sabtu (17/12/2011), Penulis menyempatkan diri untuk singgah ke toko ini. Rupanya pembeli di tempat ini sangat ramai. Untuk membeli, harus berdesak-desakan dan berebut.

Toko Roti Unyil VENUS beralamat di Komp. Ruko V-Point, Jl. Pajajaran No.1 Bogor, telepon +62 0251 8364008. Roti Unyil Venus ini juga memiliki outlet di SPBU Cibubur dekat pintu keluar tol Cibubur, namun Roti Venus yang kita beli di lokasi Bogor ini adalah fresh from the oven. Penulis menilai memang roti Unyil Venus ini cukup enak. Harga sepotong roti unyil yang dijual di toko roti VENUS, Bogor ini adalah Rp 1.300.

Namun apabila Anda membeli roti unyil di outlet yang terdapat di SPBU Cibubur, harga sepotong roti unyil dijual lebih mahal, yaitu seharga Rp 1.600.

6 comments:

  1. kalau ke bogor tapi gak beli ini gak lengkap..

    ReplyDelete
  2. saya pernah ke Bogor tapi blm pernah makan makanan ini, kayaknya enak

    ReplyDelete
  3. rasanya memang enak roti unyil ini, pernah dibawain temen dari bandung....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. 2 Kali ke bogor tapi koq selalu gak kepikiran beli roti ini padahal aku doyan banget. Sering Makan roti ini justru pas dibawain oleh oleh sama saudara. Asli yummmy..

    ReplyDelete