Friday, December 2, 2011

Bakpia Oleh-oleh Khas Jogja

YOGYAKARTA adalah merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki beraneka ragam jenis kuliner khas. Konon makanan di kota Yogyakarta (biasa juga disebut sebagai Jogja) memiliki harga yang relatif lebih murah dan lebih terjangkau. Namun akhir-akhir ini rata-rata harga kuliner di Jogja juga sudah mengikuti standar harga sehingga tidak semurah dulu.

Salah satu kuliner Jogja yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang cukup terkenal dan mudah diingat adalah Bakpia. Bakpia adalah sejenis kue yang terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan dan dicampur dengan gula kemudian dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Selain di Jogja sebenarnya bakpia ini dapat juga kita temukan di daerah lain di Indonesia. Bakpia asalnya merupakan makanan dari budaya Tionghoa. Nama bakpia adalah berasal dari Bahasa Hokkian yang berasal dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue. Memang dahulu di negara asalnya ini, bakpia adalah kue yang isinya adalah daging babi. Namun di Indonesia, bakpia isinya adalah kacang hijau.
Daerah penghasil bakpia yang terkenal di Jogja adalah di daerah Pathuk/Pathok. Bakpia dari Jogja ini biasanya terkenal sebagai “Bakpia Pathok”. Saat ini bakpia Jogja isinya tidak hanya kacang hijau saja, tapi sudah ada varian rasa lainnya yaitu coklat dan keju. Selama ini jika kita mencari oleh-oleh Bakpia, maka selalu yang dicari adalah merek “Bakpia Pathok”. Namun ternyata semua pengusaha pembuat Bakpia di daerah Pathok ini memberikan label atas produknya dengan nama Bakpia Pathok. Yang membedakannya hanyalah ada nomor di belakang label “Bakpia Pathok”, misalnya “Bakpia Pathok 75”. Ternyata ini adalah nomor alamat sang pengusaha/produsen bakpia tersebut.

Belum lama ini penulis menitipkan kepada rekan yang pergi ke Jogja untuk dicarikan oleh-oleh khas Jogja, yaitu Bakpia dan Gudeg Jogja. Oleh rekan penulis, dibelikan bakpia dengan merek “Bakpia Pojok Bu Prapti”. Penulis belum pernah merasakan Bakpia Pojok ini, ternyata rasanya cukup lezat dan enak serta tidak keras. Berbeda dengan Bakpia Pathuk yang selama ini sudah sering dicoba oleh penulis, Bakpia Pojok ini tidak keras atau kering. Sehingga ketika dimakan terasa sangat lezat.

Satu kotak Bakpia Pojok dengan isi 20 potong bakpia harganya adalah Rp 17.000. Jadi dari segi harga dibandingkan dengan rasanya menurut penulis bakpia ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Jogja.

"Bakpia Pojok Bu Prapti" beralamat di Jl. Monumen Jogja Kembali No. 54 Karangjati, Yogyakarta. Untuk pemesanan dapat melalui nomor telepon seluler +62 0816 692799.

3 comments:

  1. Aduhhhh jadi pgen ke jogja lagi nh makan bakpia patok sepuasnya
    hehehe
    Nice post gann ditunggu mampir'a di saung saya

    ReplyDelete
  2. Buat para pecinta kuliner YOGYAKARTA, ikutan #OnlineSurvey bareng @ceritaperut disini yuuk => http://bit.ly/1zEtqCu .Kamu bakalan dapetin banyak hadiah seru lho! ;-)

    ReplyDelete
  3. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete