Sunday, December 2, 2018

Recommended: Asinan Betawi Lezat di Daerah Karet Semanggi Jakarta

Semanggi, Jakarta Selatan - Berburu Kuliner kali ini menemukan sebuah lokasi jajanan khas daerah Jakarta yang terletak di pusat kota Jakarta. Kuliner khas Jakarta ini adalah Asinan Betawi. Namun asinan betawi yang berhasil penulis nikmati kali ini berbeda dengan asinan betawi yang sudah umum penulis temukan baik asinan betawi yang dijajakan gerobak secara keliling hingga asinan betawi yang dijajakan di rumah makan atau restoran.

Asinan betawi yang satu ini benar-benar istimewa dan sangat lezat dibandingkan dengan asinan betawi yang sudah sering penulis nikmati. Keistimewaan asinan betawi yang penulis temukan kali ini terletak pada bumbu kacangnya.

Asinan betawi adalah merupakan kuliner perpaduan dari Budaya Betawi dan Budaya Tiongkok (China). Asinan betawi terbuat dari sayuran atau buah-buahan yang terlebih dahulu difermentasikan dengan menggunakan garam dan cuka. Kemudian sayuran/buah yang telah difermentasikan ini dicampur dengan siraman bumbu kacang kental.


Kembali ke kisah tentang asinan betawi yang penulis nikmati kali ini adalah asinan betawi yang dijajakan di sebuah rumah makan di daerah Karet Sawah 1, Karet Semanggi, Jakarta Selatan (di belakang Apartemen Ciputra World 2), dengan nama Rumah Makan Yaya. Dilihat dari bentuk rumah makan ini yang cukup sederhana dan akses untuk menuju ke sini adalah jalan kecil. Namun perjuangan penulis untuk mencari lokasi kuliner yang agak sulit ini terbayarkan dengan sajian seporsi asinan betawi yang sungguh nikmat dan lezat.

Asinan betawi yang disajikan di Rumah Makan Yaya ini terdiri dari sayuran yang difermentasi yaitu tauge, wortel, kol, sawi asin (kiam cai). Selain itu juga ada kentang yang direbus, tahu yang direbu
s, kacang tanah yang disangrai yang masih utuh. Ciri khas dari asinan betawi adalah adanya krupuk kuning. Semua bahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental dan berwarna merah yang berasal dari cabe merah.

Penulis memberikan nilai sangat memuaskan untuk asinan betawi Yaya ini terutama pada siraman bumbu kacangnya. Bumbu kacang sebagai siraman ini terbuat dari kacang tanah, udang kering (ebi) dan cabe merah yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan air sampai berbentuk adonan kental. Bumbu kacang siraman inilah yang membuat asinan betawi Yaya ini sangat lezat. Selain itu sawi asinnya juga tidak asam sehingga asinan betawi ini cukup pas di lidah.

Asinan betawi ini dapat kita nikmati langsung di rumah makan ini atau dapat pula dibungkus untuk dibawa pulang. Harga 1 porsi asinan betawi ini adalah sebesar Rp 23.000. Dari ukuran harga, memang lebih tinggi dibandingkan dengan asinan di tempat lain, namun harga ini cukup terbayarkan dengan kelezatan yang disajikannya.

Selain menyajikan menu asinan betawi, rumah makan Yaya ini juga menyajikan menu Gado-gado, Bakso, Bakmi Ayam, Bihun, Kwetiau dan Sui Kiau. Semua makanan yang disajikan di rumah makan Yaya ini adalah hidangan halal.

Rumah makan Yaya ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB s.d. 15.00 WIB.

Berikut ini alamatnya:
Rumah Makan Yaya
Jl. Karet Sawah I No. 20 Karet Semanggi, Setiabudi
Jakarta Selatan 12930

1 comment:

  1. kunjungi https://makanyok.com untuk mendapatkan informasi kuliner kopi dan lainnya

    ReplyDelete