Sunday, September 18, 2011

Batagor Bandung Abuy


BANDUNG merupakan salah satu kota yang memiliki beragam jenis kuliner khas. Sebut saja sio may Bandung, serabi Bandung, colenak, batagor, karedok, pisang molen, cimol dan sebagainya. Saat ini kuliner Bandung sudah terkenal ke seluruh Indinesia, sehingga apabila kita ingin menikmati makanan khas Bandung ini, kita tidak perlu datang jauh-jauh ke Bandung, karena hhampir di setiap daerah dapat kita temukan makanan khas Bandung. Penulis yang pernah mengunjungi kota-kota di Sumatera dan Kalimantan, menemukkan juga makanan khas Bandung di kota-kota tersebut dan menjadi tempat favorit bagi warga di sekitar. Walaupun sebenarnya menurut penulis, rasa makanan khas Bandung di daerah lain ini tidak seenak yang aslinya di Bandung. Oleh sebab itu, apabila di antara Pembaca yang berkesempatan mengunjungi Bandung, haruslah menggunakan kesempatan untuk berburu kuliner di kota Bandung. Untuk mendapatkan kuliner yang paling enak, Pembaca harus punya referensi, karena banyak juga tempat kuliner di Bandung yang rasanya biasa-biasa saja.

Salah satu kuliner khas kota Bandung adalah batagor. Siapa yang tidak kenal dengan batagor, sajian khas yang terdiri dari tahu yang dilapisi dengan adonan ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu/sagu layaknya seperti sio may. Batagor ini disiram dengan bumbu kacang sama seperti sio may. Yang membedakan sio may dengan batagor adalah setelah dikukus, adonan ikan yang telah dibentuk dan bercampur dengan tahu ini digoreng.

Namun tahukah Anda bahwa nama "batagor" sebenarnya adalah sebuah singkatan. Batagor adalah singkatan dari kata "baso tahu goreng". Menurut informasi, batagor ini diciptakan oleh resto Batagor RIRI yang terletak di Jl. Burangrang. Namun kebenaran informasi ini belum ada buktinya. Namun sampai saat ini, memang batagor RIRI dan juga Batagor Kingsley yang terletak di Jl. Veteran, Bandung merupakan batagor yang paling terkenal, di samping harganya juga cukup mahal.

Baru-baru ini penulis menemukan satu lagi lokasi kuliner batagor yang menurut penulis cukup lezat. Kelezatannya terletak pada adonan ikannya yang cukup terasa. Nama restonya adalah Batagor Abuy. Lokasi Batagor Abuy terletak di Jl. Lengkong Besar, Bandung. Tepatnya di Food Court Lengkong Besar, telepon. +62 022 4233249. Untuk pemesanan dapat menghubungi nomor handphone +62 0811 223282. Batagor Abuy ini buka mulai pukul 16.00 dan tutup sekitar pukul 22.00.

Kelezatan batagornya cukup terasa, menurut penulis ini karena bahan (ikan) yang digunakan masih segar. Harga 1 potong batagor Abuy ini adalah Rp 6.000 (lebih murah Rp 1.000 apabila dibandingkan dengan harga batagor Kingsley).

Batagor Abuy ini juga dijual dalam besek (tempat berbentuk kotak dari anyaman bambu), yang dalam 1 besek terdiri dari 20 potong batagor. Batagor yang dijual dalam besek ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, karena juga tersedia dalam gorengan setengah matang, sehingga jikka akan dimakan, batagor ini dapat digoreng sebentar supaya panas. Bumbu kacangnya juga tersedia dalam bentuk kering, sehingga ketika akan makan baru kita campurkan air secukupnya.

Sayangnya bumbu kacang batagor Abuy ini kurang istimewa. Penulis menambahkan kecap manis, supaya bumbu kacangnya lebih gurih.

Batagor Abuy yang telah mendapatkan label Halal ini juga dapat dibeli di Area Tempat Peristirahatan (Rest Area) Tol Cipularang.

4 comments:

  1. Mba yang empunya blog, ane request resep soto banjar + ketupat kandangan ada ngk?,,, Thanks atas infonya, sangat membantu, berkunjung balik N download film terbaru 2011 Boxs Office just on KabiBoxs21

    ReplyDelete
  2. Kerja Part time 1-2 jam perhari, gaji puluhan juta rupiah. Hanya ada di bisnis ODAP terbukti membayar dan bukan penipuan. http://www.penasaran.net/?ref=wwdq34

    ReplyDelete
  3. jual film bokep super hot !!!! cuma 4000 per film

    masuk sini bang.....
    www.cafebokep.com

    ReplyDelete